Menyetir Langsung Mobil Masa Depan GM

 

Chevrolet Volt dan SUV Equinox Fuel Cell

Pada gelaran Driving Sustainable Mobility kemarin (26/10/2010), di China, KOMPAS.com berkesempatan mencicipi mobil masa depan General Motors (GM), Chevrolet Volt, Chevrolet Equinox dan Electric Networked-Vehicle (EN-V).

“Ketiganya menjadi solusi yang kami tawarkan kepada konsumen di masa datang,” tukas Michael Albano, Direktur Komunikasi dan Teknologi, GM International Operations (GMIO).

“Kami memiliki banyak konsumen dengan berbagai kebutuhan. Antara lain, hanya untuk berpindah-pindah di dalam kota, perjalanan jauh antar kota. Untuk itulah kami menawarkan berbagai solusi dan tidak hanya satu pilihan,” tegas Michael. Menurutnya, Volt, Equinox dan EN-V bukan sekedar pilihan berdasarkan kebutuhan, juga solusi transportasi masa depan.

Volt Mobil listrik plug-in produksi massal pertama di dunia dengan mesin untuk menambah jarak tempuhnya (range extended). “Volt menciptakan segmen baru pasar otomotif global sebagai mobil listrik dengan jarak tempuh jauh,” ujar Steve L. Clarke, Wakil Presiden Rekayasa Kendaraan GMIO. “Ini bukan mobil listrik murni, dan juga bukan hibrida,” tegasnya.

Menurut Steve, mobil ini tak dapat beroperasi tanpa motor listrik. “Motor listriklah yang menggerakkan roda, dengan pasokan energi dari baterai lithium-ion. Sementara mesin bensin 1,4 liter mulai bekerja saat baterai tak dapat lagi memenuhi kebutuhan energi motor listrik untuk memutar roda,” ujar Steve.

Mesin konvensional tersebut, bekerja memutar generator yang akan mengisi listrik kembali ke baterai. “Jika diperlukan, listrik yang dihasilkan generator dapat langsung memasok listrik ke motor listrik dan menggerakkan roda, Misalnya saat berakselerasi maksimal atau menempuh jalur menanjak,” tambah Steve.

Steve menolak jika Volt dikatakan sebagai mobil hibrida. “Teknologi Volt berbeda dengan hibrida biasa. Kami menempatkan Volt di segmen yang benar-benar baru di dunia,” tegasnya.

Saat dikemudikan, Volt memberikan kesan pertama yang  istimewa.  pengalaman baru bermobil. Antara lain suaranya yang sangat halus, membuat semua orang di luar tak menyangka mobil ini siap meluncur. Ketika dikemudikan, nyaris tak ada perbedaan berarti dengan hatchback premium bermesin bensin atua diesel.

Equinox Fuel Cell Teknologi sel bahan bakar (fuel cell)) yang digunakan pada Equinox merupakan generasi keempat dari GM. Hidrogen yang diubah menjadi energi listrik memutar motor listrik. Hasilnya, performa Equinox sama dengan yang menggunakan sumber penggerak konvensional dan lebih baik dibandingkan mobil listrik konvensional.

“Dengan tangki hidrogen penuh, Equinox Fuel Cell dapat menjelajah hingga 320 km bersama motor listriknya yang hebat. Anda tak menggunakan bahan bakar fosil, emisi gas buang yang dihasilkannya hanyalah air,” ujar George P. Hansen, Direktur Komersialisasi Fuel Cell Asia Pasifik, GM Asia Pacific.

Tak ada perbedaan berarti antara mengemudikan EQuinox Fuel Cell ini dengan mobil konvensional, kecuali mesinnya. Mobil ini nyaman dikemudikan.

EN-V Inilah tansportasi personal masa depan versi GM. “Kendaraan listrik dua penumpang ini dirancang untuk mengatasi persoalan kemacetan lalu lintas, keterbatasan lahan parkir, kualitas udara dan kebutuhan transportasi di kota-kota besar masa datang,” ujar Christopher E. Borroni-Bird, Direktur Program EN-V GM.

Dengan dimensi hanya sepertiga mobil keluarga konvensional, EN-V menghemat ruang di jalan raya dan parkir. Dengan kondisi baterai terisi penuh, kemampuannya menjelajah bisa mencapai 40 km.

Tak hanya itu, EN-V dirancang dapat berkomunikasi antar kendaraan (Vehicle-to-vehicle communications) yang dipadukan dengan Global Positioning System (GPS). Dengan cara ini – apalagi didukung oleh infrastruktur – diharapkan dapat mengurangi kecelakaan.

Mengendarai EN-V sangat mudah dan praktis. Sistem kendalinya bagaikan sebuah konsol video games portabel. Pengoperasian juga sederhana. Saat pertama kali mencoba, sistem kendalinya terasa sensitif. Akibatnya, mobil terasa terlalu agresif karena akselerasinya spontan. Tetapi seiring dengan semakin kenal dengan karakteristik mobil ini, menjadikan Anda ahli dalam waktu singkat.

“Kendaraan ini baru akan terwujud sepuluh atau duapuluh tahun mendatang. Yang Anda dikendarai saat ini hanyalah sebuah konsep. Masih banyak yang harus dikembangkan agar lebih berdaya guna di masa datang,” ujar Christopher.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s