Transmisi Matik Murah untuk Mobil Kecil dan Listrik

 

Antonov plc

Transmisi otomatik Antonov tanpa torque converterLalu lintas yang makin macet, menyebabkan konsumen makin banyak tertarik dengan transmisi otomatik. Tren ini pula yang dikejar oleh produsen transmisi, khusus otomatik. Salah satunya adalah Antonov plc yang berpusat di Warwick di Inggris dengan mengembangkan sendiri teknologinya.Pasar yang diincar Antonov adalah China. Pasalnya, di negara tersebut diperkirakan, 20 persen dari mobil yang dijual saat menggunakan transmisi otomatik. Pada 2017, akan terjadi hal sebaliknya, 80 persen mobil yang dipasarkan adalah transmisi otomatik, sisanya manual. Masalah, saat ini, produsen mobil dan transmisi, lebih fokus mengembangkan transmisi otomatik kopling ganda, disebut juga “dual-clutch transmission” (DCT) dengan fitur 7 sampai 8-percepatan.

Antonov membidik transmisi otomatik 6-percepatan untuk mobil kecil dan menengah dengan torsi mesin 150 – 180 Nm. Juga dikembangkan transmisi otomatik tiga percepatan untuk mobil listrik. Dijelaskan pula, akan terjadi kekurangan pasokan transmisi manual yang bekerja secara otomatik atau automated manual transmission (AMT). Transmisi terakhir jadi tren dan terus mengalahkah transmisi otomatik tipe torque converter yang dinilai kurang efisien.

Di China Antonov mengembangkan transmisi otomatik TX-6 poros ganda khusus untuk mobil gerak roda depan. Untuk ini, Antonov bekerjasama Chongqing Landai Industry Co., dengan produksi awal 200.000 unit per tahun.

Gigi Planet “Girboknya sama dengan transmisi otomatik konvensional, dengan satu set gigi planet dan gigi transfer. Namun tidak lagi mengggunakan torque converter dengan kopling majemuk basah,” jelas Simon Roberts, Direktur Pengelola Antonov plc.

Kelebih transmisi baru ini, panjangnya hanya 325 mm. Sedangkan versi konvensional rata-rata 380-420 mm. Karena itu pula beratnya hanya 78 kg per unit. Dijelaskan pula, teknologi DCT terlalu canggih dan harga terlalu tinggi untuk pasar China saat ini.

3-Percepatan Pengembangan selanjutanya adalah transmisi 3-percepatan untuk mobil listrik. “Kami memutuskan untuk memperoleh efisiensi yang sebenarnya, mobil listrik harus start pada gigi pertama. Untuk memperoleh pengiritan harus menggunakan gigi 3. Namun mobil akan lebih banyak beroperasi pada gigi 2, bisa mencapai 95 persen,” tegas Roberts.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s