Motor,Mesin Pembunuh Nomor 1

Gambar

Populasi sepeda motor di Indonesia makin hari makin menggila. Namun hal itu ternyata menimbulkan efek negatif yakni berubahnya motor menjadi mesin pembunuh nomor 1 dalam hal kecelakaan lalu lintas.

Sebab bila melihat ergonomi motor, secara fisik motor sangat mudah tergelincir hingga akhirnya menjadi kendaraan yang paling dominan terlibat dalam kecelakaan lalu lintas jalan.

Data Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan, keterlibatan sepeda motor mencapai sekitar 70 persen dari total kasus kecelakaan lalu lintas jalan.

“Kecelakaan di sepeda motor makin menggila. Dan telah menimbulkan banyak korban. Korban kecelakan lalu lintas di tahun 2009 ada 18 ribu nyawa melayang. Di tahun 2010 polisi mengklaim angka itu menurun jadi 10 ribu,” ujar penulis buku ‘Hiruk Pikuk Bersepeda Motor, Edo Rusyanto di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (12/1/2011).

“Tapi itu yang baru tercatat. Belum yang tidak tercatat,” tambahnya.

Bila dilihat dari angka, angka tersebut mungkin terlihat menurun. Tapi bila kita lihat catatan kecelakaan di Indonesia angka itu tetap saja meningkat. Sebab 10 tahun lalu atau tahun 2000 kecelakaan ‘hanya’ berada di angka 9.500an saja.

Data tersebut selaras dengan fakta yang disodorkan PT Jasa Raharja, perusahaan negara yang bertugas menyantuni korban kecelakaan. Hingga Oktober 2010, dari nilai santunan yang mencapai Rp 1,3 triliun untuk korban kecelakaan.

Sekitar 70 persennya adalah klaim pengendara sepeda motor. Sepanjang tahun 1992 hingga 2010, tak kurang dari 300 ribu jiwa melayang akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Saat ini menurut data Departemen Perhubungan yang disodorkan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, ada hampir 50 juta motor dan 9,5 juta mobil di seluruh Indonesia.

“Jadi perbandingan pemilik mobil dan motor bisa dikatakan 1:5,” imbuhnya di tempat yang sama.

Karena itulah, para pengendara motor diharapkan untuk tetap menaati safety riding dan mematuhi peraturan agar angka kecelakaan yang tinggi ini semakin berkurang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s